BUDI PEKERTI MENCIPTAKAN GENERASI TERBAIK (Resensi)

Buku Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti SD, SMP, dan SMAJudul : Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti

Penyusun : Nasin Elkabumaini dan Rahmat Ruhyana

Penerbit : Yrama Widya

Tahun : Februari 2016

Tebal : vi + 138 halaman

 

 

 

 

 

Buku ini disusun oleh Nasin Elkabumaini dan Rahmat Ruhyana, mungkin nama yang asing bagi saya karena jarang membaca buku teutama buku tentang pendidikan. Tetapi setelah membaca buku ini, penting bagi saya yang akan menjadi seorang guru insya Allah. Kenapa penting? Karena buku ini menjelaskan tentang akhlak, moral dan nilai-nilai budi pekerti; tidak hanya menjelaskannya saja, akan tetapi buku ini juga memberikan contoh pelaksanaannya. Hebatnya lagi, buku ini bisa dilaksanakan untuk sekolah dasar yang kita semua tahu bahwa pendidikan budi pekerti sangat penting diterapkan sejak dini, bagaimana bersikap baik terhadap orang lain, membantu orang yang sedang kesusahan, bagaimana kita berperilaku kepada orang yang jauh lebih tua dari kita. Itu semua gambaran kecil tentang pentingnya pendidikan budi pekerti. Bahkan ulama-ulama terdahulu mempelajari adab atau budi pekerti dahulu sebelum belajar ilmu.

Kenapa bisa seperti itu? Karena memang pentingnya budi pekerti itu sendiri. Dalam pelaksanaannya buku ini menjelaskan dengan metode cerita. Menurut saya itu sangat bagus karena kebanyakan manusia itu suka dengan cerita-cerita yang membuat kita tidak merasa bosan, metode bercerita di buku ini mengajak murid-murid untuk tidak hanya mendengarkan tetapi juga mendorong untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Menurut saya pribadi, setelah membaca buku ini, budi pekerti itu amatlah sangat penting dibanding dengan pelajaran lainnya. Seorang yang pintar tapi mempunyai budi pekerti yang tidak baik, maka dia lebih mementingkan dirinya sendiri atau kelompok. Banyaknya korupsi itu terjadi karena mereka tidak mempunyai akhlak, moral dan budi pekerti yang baik. Bukankah mereka yang korupsi itu gelarnya sudah tinggi? Itulah pentingnya budi pekerti, akhlak, dan moral yang coba dihidupkan kembali oleh buku ini yang saat ini mulai luntur. Buku ini mengingatkan kita bahwa pendidikan di Indonesia itu bertujuan untuk membantu generasi muda untuk berkembang menjadi manusia yang utuh, yang berpengetahuan tinggi, bermoral, beriman, berbudi luhur, dan bersosialitas. Orang pintar belum tentu berakhlak tapi orang yang berakhlak pastilah orang pintar.

Kekurangan dari buku Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti menurut saya gaya bahasa yang campur dengan bahasa asing sehingga terkadang butuh waktu dalam memahaminya atau mencari artinya dari kata tersebut. Akan tetapi secara keseluruhan buku ini mudah untuk dipahami apa lagi oleh seorang pendidik atau guru.

Buku PANDUAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI ini sangatlah cocok atau berguna bagi guru, calon guru, bahkan mungkin untuk orang tua di rumah yang menginginkan anaknya memiliki budi pekerti yang baik di dalamĀ  keluarga maupun dalam masyarakat luas.

 

Penulis Resensi

Nama: Helmi Ridha Firmansyah

Asal: Malang, Jawa Timur

Pekerjaan: Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *