MGMP Matematika dan Kimia SMA Bedah Ujian Nasional di Pekanbaru

Pekanbaru (RP) – Lebih dari 100 orang guru matematika dan kimia tingkat SMA se-Kota Pekanbaru melaksanakan bedah Ujian Nasional guna mencapai standar kompetensi kelulusan (SKL) yang dilaksanakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika dan MGMP Kimia bekerjasama dengan Penerbit Yrama Widya dan Srikandi Empat Widya Utama (SEWU).

Pelaksanaan bedah UN ini dilaksanakan d aula SMAN 8 Pekanbaru, Selasa (7/2) yang dibuka Kabid SMA Dinas Pendidikan Riau Yerfri Nerwin SSi menghardirkan narasumber dari Bandung yakni Haris Watoni untuk mata pelajaran kimia dan Suwah Sembiring untuk mata pelajaran matematika. Kedua narasumber ini merupakan penulis buku di Yrama Widya.

Hadir pada kesempatan itu Drs Taswa (Koordinator Penerbit Yrama Widya), Penanggungjawab MGMP Matematika Erdani S.Pd, MM, Koordinator Pengawas Riau Drs Joyosman M.Pd, para kepala sekolah dan guru-guru bidan studi matematika dan kimia.

Kabid SMA Dinas Pendidikan Riau Yefri Nerwin SSi didampingi Ketua MGMP Matematika SMA Amri MPD Kepada Riau Pos menjelaskan, dilakukannya bedah UN untuk bidang studi matematika dan kimia ini dikarenakan UN merupakan irisan dari kurikulum 2006 (KTSP) dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, akan terdapat materi-materi yang sedikit banyak berbeda dengan materi-materi pada soal UN pada tahun sebelumnya. SKL (kisi-kisi) yang dikeluarkan pemerintah merupakan dasar utam di dalam pelatihan-pelatihan UN yang perlu diberikan kepada para siswa.

“Diharapkan dengan adanya bedah UN ini para guru dapat memahami karakteristik kisi-kisi UN Matematika dan Kimia, menganalisis materi-materi pokok UM, menganalisis contoh-contoh soal UN, memprediksi soal-soal UN, menemukan problematika soal UN SMA dan mencari trik-trik jitu pemecahan soal. Jika guru sudah memahami hal ini tentunya tidak akan sulit mengajarkannya kepada siswa dan kita harapkan nilai siswa bisa meningkat.” ujar Yefri.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *