Sosialisasi Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai Mata Pelajaran Terpisah di Kelas IV SD/MI

Bertempat di GSG Universitas Sangga Buana YPKP, penerbit Yrama Widya – bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung – telah menyelenggarakan acara sosialisasi pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai mata pelajaran terpisah di kelas IV SD/MI. Acara yang bertajuk Seminar Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika dan PJOK di Kelas IV SD/MI ini diselenggarakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2016. Acara tersebut dibuka oleh Kabid Pendidikan Sekolah Dasar dan juga dihadiri Kabid Kurikulum dan Ujian Dinas Pendidikan Kota Bandung dengan peserta para Kepala Sekolah dan guru SD/MI sekota Bandung serta narasumber dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan dan penulis buku Matematika SD.

Tujuan utama seminar tersebut adalah menyosialisasikan keputusan pemerintah untuk menerapkan pembelajaran Matematika dan PJOK di kelas IV SD/MI sebagai mata pelajaran terpisah, tidak lagi sebagai bagian dari pembelajaran tematik terpadu, mulai tahun pelajaran 2016/2017, sesuai dengan Permendikbud No.24 tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar Mata Pelajaran di jenjang Pendikan Dasar dan Menengah.

Implementasi K13 Revisi

Antusiasme para kepala sekolah dan guru SD kota Bandung terhadap acara tersebut amat tinggi, terbuktu dari jumlah peserta yang membludak melebihi 300 orang. Mereka secara interaktif berinteraksi dengan para narasumber menyangkut mengapa dan bagaimana pembelajaran Matematika dan PJOK tersebut perlu dilakukan mengingat hal tersebut merupakan sesuatu yang baru setelah pembelajaran di SD/MI dilakukan melalui pendekatan tematik integratif, mulai dari kelas I sampai kelas VI selama beberapa tahun terakhir. Mereka pun mendapatkan informasi tentang buku-buku teks pelajaran Matematika dan PJOK yang telah dinyatakan layak dipakai di kelas IV SD/MI oleh pemerintah.

Kiranya acara seperti itu perlu dilakukan di daerah-daerah lain karena sosialisasi dari pemerintah atau dinas pendidikan daerah masih sangat minim. Jika ada UPTD atau dinas pendidikan daerah tertentu ingin menyelenggarakan acara seperti itu bekerja sama dengan kami, silakan menghubungi kami di alamat email: yrama.redaksi@gmail.com

(YS/YW)

Sharing is caring!

2 thoughts on “Sosialisasi Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai Mata Pelajaran Terpisah di Kelas IV SD/MI

  1. Mohon maaf, mau nanya. Di buku tema kelas 4 yang terbaru sekarang, MTK nya sudah kembali masuk ke buku tema. Ini bagaimana, apakah tetap terpisah atau gimana? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    1. Untuk mata pelajaran di kelas IV, V, dan VI, MATEMATIKA sudah dikeluarkan dari komposisi buku TEMATIK. Saudara Ravika bisa mengecek pemisahan mapel tersebut (Matematika dan Penjas Orkes) yang dipisahkan dari tematik melalui Permendikbud No. 24 Tahun 2016 (PASAL 1 Ayat (3)). Terlebih, kemarin pihak Kemdikbud (dalam hal ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan) mengadakan penilaian buku tematik untuk kelas IV, yang mengisyaratkan bahwa kedua mapel (Matematika dan PJOK) sudah dikeluarkan dari buku TEMATIK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *